Monday, June 3, 2013

Obat Tradisional Tanaman Herbal

Obat Tradisional Tanaman Herbal


Cara alami mengobati hernia

Posted: 03 Jun 2013 01:51 AM PDT

Hernia disebut juga dengan burut atau turun bero. Kebanyakan penyakit ini menyerang para olahragawan maupun pekerja keras atau pekerja kasar. Penyakit ini sangat menyiksa bagi penderitanya karena rasa sakit yang luar biasa. Penyebab penyakit ini diantaranya adalah bekerja terlalu berat dan gangguan oleh penyakit tertentu.

Gejala hernia antara lain;
Sakit yang sangat pada perut bagian bawah
Air kencing tidak lancar
Nafsu makan berkurang

Tips dan saran
Jangan bekerja terlalu berat
Jangan minum minuman keras dan merokok
Makan da minum minuman yang hangat

Resep pengobatan tradisional hernia

Bahan bahan
1 butir telur ayam kampung
3 sendok makan madu murni
3 sendok makan minyak samin

Cara pembuatan
Masukkan dalam gelas yang berisi air panas kuning telor ayam kampung. tambahkan madu murni dan minyak saminnya lalu diaduk sampai merata.

Cara menggunakannya
Minum dalam keadaan hangat sekaligus setiap hari. Lakukan beberapa hari sampai terasa dampaknya.

Smoga membantu, trims

Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Maag

Posted: 01 Jun 2013 01:36 AM PDT

Cara Mengobati Penyakit Maag – Bagi anda yang mempunyai masalah dengan lambung pasti sangat tidak nyaman… telat makan perut akan terasa sakit dan perih, makan kebanyakan pun bakal buat sakit. Hah serba salah.. hal seperti ini merupakan hal biasa yang di alami oleh orang – orang yang mempunyai penyakit maag. Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Penyakit lambung ini adalah penyakit yang sering di alami oleh orang orang yang pola makannya tidak teratur, alias suka telat makan. Namun sebenarnya tidak hanya karena telat makan saja orang bisa terkena maag, akan tetapi faktor makanan juga bisa picu maag. Karena untuk makanan – makanan tertentu bisa memicu lambung memproduksi asam secara berlebih.

Adapun makanan yang bisa memicu maag antara lain :
Cokelat
Minuman bersoda
Makanan yang digoreng
Minuman beralkohol
Produk olahan susu yang tinggi lemak
Daging yang berlemak
Kafein
Lantas bagaimana cara mencegah dan mengatasi penyaki maag ? Berikut tips untuk mencegah dan mengatasi penyakit maag :

Cara Mencegah Maag

Makan yang teratur dengan gizi yang seimbang.
Konsumsi makanan yang lunak dan lembut
Hindari stress
Istirahat dan olahraga yang teratur
Hindari makanan dan minuman berikut ini:
Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).
Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.
Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.
Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.
Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan
Namun bagi anda yang sudah terlanjur memiliki penyakit maag, berikut cara mengatasi / mengobati maag secara alami :

Cara Mengobati Maag Secara Alami

Kunyit (Curcuma longa atau C. domestica)
Seibu jari rimpang kunyit setelah dicuci, diparut. Parutannya kemudian diberi sedikit air dan diperas. Minum 2x sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Lidah buaya (Aloe vera)
Ambil gel segar dari setengah lembar daun lidah buaya. Gel sebanyak ini diminum untuk sekali minum. Minumlah 2x sehari. Bisa diberi madu secukupnya. Untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan ini.

Kamomila (Matricaria recutita)
Seduh 1 sendok teh bunga kamomila dengan 150 ml air panas, diamkan selama 5 – 10 menit, lalu minum. Ulangi seduhan ini 3 – 4 kali sehari.

Kencur (Kaempferia galanga)
Untuk mengatasi sakit mag: 1 jari rimpang kencur dicuci bersih, dikupas, dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus, telan kunyahan kencur tadi disusul dengan minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.

Cincau (Cylea barbata)
Ambil segenggam daun cincau (± 80 g berat basah). Daun dicuci bersih lalu digiling sampai halus. Hasilnya diremas dengan air minum seperlunya dan saring. Agar lekas mengental, beri kapur sirih seperlunya. Setelah menggumpal, makan dengan air gula atau sirup. Lakukan ini 3x sehari, masing-masing sebanyak _ gelas minum (kapasitas gelas kira-kira 200 ml).

Meniran (Phyllanthus niruni)
Cuci dan rebus _ genggam daun meniran dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tinggal _ nya. Sesudah dingin disaring, lalu diminum dengan madu seperlunya. Lakukan cara ini 3x sehari.

Biji Alpukat
Cuci biji alpukat dengan air matang.
Parut biji alpukat.
Biji alpukat yang sudah diparut tadi dicampur dengan 100 CC air matang
Saring parutan biji alpukat lalu buang, cukup ambil sarinya saja untuk diminum.

Semoga dapat membantu mengurangi dan menyembuhkan penyakit maag anda…. see you later..

6 Cara alami mengobati sariawan

Posted: 29 May 2013 01:32 AM PDT

Sariawan atau lebih dikenal sebagai stomatitis, adalah pembengkakan atau peradangan yang terjadi di lapisan mukosa mulut. Sariawan memang bukan penyakit yang serius atau bahkan mengancam jiwa, tetapi kondisi ini sangat mengganggu karena membuat Anda sulit untuk makan dan berbicara.

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau minuman yang asam. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengobati sariawan, seperti dilansir healthypro.org.

1. Berkumur dengan air garam

Berkumurlah dengan air hangat yang telah dicampur garam tiga kali sehari untuk menyembuhkan luka sariawan.

2. Minum yogurt

Yogurt mengontrol keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Dengan ini, Anda bisa meningkatkan kecepatan penyembuhan dan membantu mencegah luka sariawan.

3. Berkumur dengan ramuan tradisional

Berkumurlah dengan salah satu dari beberapa ramuan tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, minyak pohon teh dan air hangat yang dicampur garam.

4. Bawang putih dan pepaya

Mengoleskan obat langsung pada luka sariawan dapat mempercepat proses penyembuhan. Tempelkan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

5. Coba baking soda

Campurkan baking soda dan air. Kemudian gunakan sebagai obat kumur atau pasta gigi untuk melapisi luka sariawan. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit.

6. Minum vitamin

Perbanyak konsumsi vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan.

Sariawan bikin mulut cenut-cenut dan sulit untuk bicara. Daripada cemberut hanya gara-gara sariawan, mending segera coba tips di atas deh.

Cara Alami Mengatasi Sakit Pinggang

Posted: 27 May 2013 01:28 AM PDT

Cara alami mengatasi sakit pinggang apa ya? Begitu pastinya Anda bertanya. Oke, pada postingan saya kali ini, saya bakalan membahas mengenai cara menyembuhkan sakit pinggang secara alami. Sakit pinggang erat sekali hubungannya dengan fungsi dan susunan tulang belakang. Sebab gerakan-gerakan seperti duduk, berdiri, jongkok dan membungkuk dapat dilakukan oleh seseorang berkat fungsi dari tulang belakang.

Beberapa penyebab mengapa seseorang kerap mengalami sakit pinggang antara lain:

1. Adanya gangguan pada susunan pada rusuk-rusuk tulang belakang.
2. Gerakan yang salah saat membungkukan badan dan mengangkat beban yang berat.
3. Tidur dengan alas tanpa kasur (tidur dilantai) sehingga tulang belakang Anda mengikuti alas yang Anda tiduri.
4. Kurangnya berolahraga, hal ini yang mungkin sering Anda lupakan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Anda melakukan berbagai aktifitas tanpa diimbangi dengan olahraga yang cukup. Tubuh yang kurang berolahraga akan menyebabkan sendi-sendi pada tubuh anda mudah cedera.
5. Memiliki penyakit yang cukup serius, seperti, ganguan ginjal, panyakit jantung, dan kanker.

Setelah kita mengenal beberapa penyebab Anda mengalami sakit pinggang, sekarang saya disini akan memberikan solusi mengobati dengan cara yang cukup alami. Beberapa cara penyembuhan cara alami mengatasi sakit pinggang diantaranya :

Cara pertama yang Anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang yaitu sediakan 25 gram jahe merah segar ditambah 25 gram temu hitam segar ditambah 30 gram akar sawi langit segar ditambah 30 gram daun dewa segar yang direbus dengan air kurang lebih 600 cc rebus hingga menjadi 300 cc, kemudaian airnya disaring. Anda bisa minum ramuan ini hangat-hangat, ada baiknya jika Anda meminum cairan ini secara rutin teratur.

Cara alami yang kedua yang dapat Anda lakukan yaitu sediakan cabai rawit ditambah jahe, keduanya di iris-iris lalu direndam dengan alcohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu cairan dapat dioleskan pada bagian yang sakit. Proses pembuataan tidak kurang dari 14 hari.

Cara ketiga yaitu, sediakan 100 gram takokak ditambah 30 gram rambut jagung lalu ditambah jehe merah segar dan 10 gram adas, semuanya direbus dengan air. Takaran air kurang lebih 600 cc, rebus hingga air berkurang hingga 300 cc.

Dari ketiga cara diatas, Anda bisa coba salah satu. Selain itu, jangan lupa minum yang cukup sepertihalnya pada post mengenai cara alami atasi sakit kepala. Oke, semoga bermanfaat bagi para pembaca postingan tentang cara alami mengatasi sakit pinggang.

10 Cara Alami Mengobati Sakit Kepala

Posted: 25 May 2013 01:25 AM PDT

Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia adalah kondisi terdapatnya rasa sakit di kepala, kadang di leher bagian belakang leher atau punggung bagian atas. Gangguan sakit kepala sekilas memang terlihat sebagai suatu masalah yang sepele, namun kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivitas. Ada banyak cara untuk mengatasi serangan sakit kepala atau pusing. Berikut 10 Cara Alami Mengobati dan Mengatasi Sakit Kepala

1. Air
Air merupakan salah satu komponen asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain dapat menghilangkan rasa haus, minum 8-10 gelas air sehari secara rutin dapat membuat berbagai sistem yang terdapat dalam tubuh kita bekerja secara optimal.

Ternyata sakit kepala disinyalir sebagai salah satu indikator 'kehausan' pada tubuh. Nah, dengan minum air tentunya dapat membuat Anda bisa sedikit lebih baik. Tentu untuk selanjutnya, biasakan diri Anda untuk mengkonsumsi air dengan cukup guna menjaga kestabilan tubuh dan terhindar dari sakit kepala.

2. Es batu
Sekantong es akan membuat mati rasa daerah yang sakit dan dapat mengurangi rasa sakit kepala Anda. Jika Anda merasakan rasa sakit atau nyeri akibat ketegangan dan stres, Anda boleh mengambil icepack dan ditaruh di kepala, bahu atau belakang leher.

3. Teh peppermint
Terkadang nyeri kepala dapat pula disertai dengan sakit perut atau mual. Menurut penelitian, teh peppermint dapat meringkankan sakit perut dan mual.

4. Kentang
Sakit kepala yang muncul akibat mabuk tak hanya disebabkan karena dehidrasi tetapi juga karena hilangnya elektrolit seperti kalium. Maka dari itu, menyantap makanan yang kaya akan kalium dapat membantu meringankan sakit kepala. Kentang mengandung banyak kalium yakni 100 gram, sedangkan kentang panggang (dengan kulitnya) mengandung kalium hingga 600 mg.

5. Pisang
Pisang tidak hanya kaya akan potasium tetapi juga magnesium (pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian Anda). Magnesium dapat meringankan migrain Anda dan sakit kepala akibat stres. Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala migrain. Penelitian menujukkan bahwa sekitar separuh dari semua penderita migrain memiliki magnesium terionisasi dalam darah dalam jumlah sedikit.

Magnesium, yang dikandung dalam pisang, melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah. Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan sakit kepala akibat tegang. Apricot kering, alpukat, almond, kacang mete, beras merah, kacang-kacangan dan biji-bijian merupkan makanan lain yang kaya akan magnesium.

6. Kopi
Kafein dalam kopi bermanfaat sekaligus berbahaya bagi korban sakit kepala. Kafein merupakan zat yang umum dalam resep dan obat-obatan bebas untuk sakit kepala karena dapat meredakan rasa nyeri dan 40% lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Kafein juga membantu tubuh menyerap obat sakit kepala lebih cepat, sehingga obat tersebut lebih cepat bekerja. Kafein bisa menjadi pereda sakit kepala yang sangat efektif, terutama migrain, tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat sakit kepala kembali kambuh. Jadi, dianjurkan untk meminum kopi tidak lebih dari 2 atau 3 cangkir per hari.

7. Biji-biji serelia utuh (whole grain)
Jika Anda menjalani diet rendah karbohidrat, Anda akan mulai menguras sumber utama energi untuk otak, yakni cadangan glikogen. Selain itu juga menjadikan tubuh kehilangan cairan dengan cepat sehingga menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi bersamaan dengan berkurangnya energi ke otak bisa memicu timbulnya sakit kepala. Jika anda mengkonsumsi makanan-makanan karbo yang sehat seperti (biji-bijian seperti roti gandum, sereal gandum, oatmeal, dan buah), tidak hanya bisa mengusir rasa sakit pada kepala tetapi juga meningkatkan mood Anda.

8. Semangka
Dehidrasi adalah penyebab umum timbulnya sakit kepala, maka pertimbangkan untuk meminum banyak air dan mengasup makanan yang kaya akan air (seperti semangka). Buah yang kaya akan air ini juga mengandung mineral penting, seperti magnesium, yang merupakan kunci untuk mencegah sakit kepala. Anda juga dapat mencoba minuman olahraga berelektrolit jika mungkin mengalami sakit kepala setelah berolahraga dalam waktu yang lama karena kehilangan banyak mineral dalam tubuh.

9. Ikan
Ikan berlemak (seperti salmon, tuna, dan makarel) bermanfaat sebagai obat untuk sakit kepala migrain karena kaya akan asam lemak esensial, omega-3. Asam lemak omega-3 dapat menghambat peradangan yang sering memicu timbulnya migrain. Jika tidak bisa mengkonsumsi ikan ini setiap hari, tidak perlu khawatir. Anda dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan dan menambahkan makanan seperti biji rami, walnut, tahu, dan kacang kedelai untuk tambahan omega-3 pada diet Anda.

10. Biji Wijen
Biji wijen kaya akan kandungan vitamin E dan dapat membantu menstabilkan kadar estrogen dan mencegah migrain selama periode Anda. Selain itu, biji wijen juga kaya akan magnesium, yang selanjutnya akan membantu pencegahan sakit kepala. Makanan lain yang mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi antara lain, kacang-kacangan, minyak zaitun, dandelion, gandum, dan kentang manis. 8. Jahe : Selain menjadi obat untuk mual, jahe memiliki sifat anti-peradangan dan anti-histamin juga berguna untuk memerangi sakit kepala. Masaklah jahe tersebut atau kombinasikan dengan minuman lain seperti teh.

Selain cara mengobati sakit kepala dengan makanan alami diatas, Anda juga dapat mencoba cara berikut ini:

Stretching
Sakit kepala dapat timbul akibat otot yang tegang. Menarik nafas yang dalam dan meregangkan otot-otot leher dan pundak dapat membantu merelaksasi otot-otot tegang yang dapat menyebabkan sakit kepala. Jika anda ada waktu, senam yoga juga dapat merelaksasi otot-otot tubuh anda dan membantu mengatasi stres yang dapat memicu nyeri kepala.

Peregangan
Lakukan peregangan untuk mengurangi otot tegang yang memberi kontribusi terhadap nyeri. Cobalah tiga gerakan ini : gerakan leher (dagu ke depan, ke atas, dan ke samping kiri dan kanan); gerakan bahu (gerakan bahu ke atas, putar bahu ke depan dan belakang); dan leher isometrik (tangan menekan pada setiap sisi kepala). Lakukan peregangan dua kali sehari selama 20 menit per sesi. Tahan peregangan selama lima detik, relaks selama lima detik, dan ulangi setiap peregangan tiga sampai lima kali.

Pijat
Berikan pijat selama 15 menit di lokasi sakit kepala. Pijat pada daerah penghilang rasa sakit dilakukan dengan cara memijat bagian telapak tangan yang berada diantara jempol dan jari telunjuk dan diikuti dengan pemijatan pada daerah ini juga di bagian kaki.Lakukan pemijatan sampai diri Anda merasakan sakit karena pemijatan ini.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan minyak peppermint untuk mengoleskan di dahi, tulang rahang atau belakang leher. Minyak ini bertindak sebagai krim kortison alami yang mengurangi rasa sakit dan membantu menenangkan saraf serta merevitalisasi energi.

Aerobik
Latihan aerobik yang teratur, seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang, dapat mengurangi intensitas dan frekuensi migrain, menurut National Pain Foundation. Sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan dalam jurnal Headache terhadap pasien migrain yang melakukan senam teratur selama 12-minggu dengan bersepeda di dalam ruangan menunjukkan, ada peningkatan kualitas hidup dan berkurangnya angka kejadian migrain, serta intensitas nyeri.

Tidur
Kelebihan tidur, salah, dan kekurangan tidur pun salah. Perilaku tidur tersebut dapat menyebabkan sakit kepala berkepanjangan. Tubuh manusia bukanlah sebuah robot yang dapat di-setting sehingga dapat beraktivitas selama 24 jam. Sudah selayaknya kita dapat menyempatkan diri untuk tidur yang cukup dan teratur yakni 7-8 jam dalam sehari. Dengan membiasakan tidur dengan kapasitas normal tersebut, dapat membuat tubuh lebih segar di pagi hari dan menghilangkan sakit kepala.

Obat-obatan
Obat seperti parasetamol dan aspirin dapat meringankan peradangan dan menghambat zat-zat kimia di otak yang menyebabkan rasa sakit. Obat-obat tersebut terkadang ditambahkan dengan kafein yang dapat meningkatkan penyerapan di usus, sehingga lebih efektif jika dipakai pada nyeri kepala yang lebih berat.

CARA MENGOBATI WASIR BERDARAH

Posted: 23 May 2013 01:22 AM PDT

Ambeien atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh vena di sekeliling anus atau rektum bagian bawah membengkak dan meradang. Ambeien biasanya terjadi karena mengedan saat buang air besar. Kehamilan, usia anjut, kesulitan buang air besar (konstipasi) dan terlalu banyak duduk meningkatkan risiko seseorang terkena ambeien. Ambeien biasanya tidak berbahaya, dan umumnya menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Tanda-tanda atau gejala ambeien
Ambeien internal (di dalam rektum) biasanya menyebabkan pendarahan yang tidak sakit saat buang air besar. Namun demikian, darah yang keluar bersama kotoran dapat juga disebabkan oleh selain ambeien (misalnya kanker usus). Bila Anda mendapati darah dalam kotoran Anda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Gejala lainnya adalah buang air yang terasa tidak tuntas meskipun sudah tidak ada lagi yang dapat dikeluarkan. Selain itu, Anda mungkin juga merasakan perih, gatal atau iritasi di sekitar anus. Hal ini terutama terjadi bila ambeien "nongol keluar" (prolapsis). Anda biasanya dapat memasukkan kembali ambeien tersebut melalui anus dan masalahnya selesai, tetapi bila tidak dapat dimasukkan dan semakin membesar karena terjebak di luar anus, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Gejala ambeien luar (di sekitar anus) antara lain pembengkakan yang nyeri atau benjolan keras di sekitar anus yang terbentuk dari gumpalan darah. Rasa sakit biasanya meningkat saat buang air besar atau ketika duduk.

Pencegahan

Makanlah makanan yang banyak mengandung serat dan air sangat bermanfaat memperlunak kotoran dan memudahkan buang air besar. Buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian adalah sumber serat yang baik bagi kesehatan.
Jangan menunda buang air besar karena akan membuat kotoran semakin mengeras dan sulit dikeluarkan.
Bila Anda kesulitan buang air besar, cobalah posisi jongkok yang lebih alamiah dan memudahkan keluarnya kotoran.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Posted: 21 May 2013 01:12 AM PDT

Pitriyasis Versicolor atau lebih kita kenal dengan "panu" merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur Pityrosporum ovale di permukaan kulit. Ciri dari penyakit ini adalah timbulnya bercak putih, coklat atau merah (tergantung warna kulit) pada bagian permukaan kulit tubuh, bisa di punggung, leher, dada, lengan, kaki, dll. Namun, penyakit kulit ini banyak menyerang bagian punggung. Bercak ini timbul disertai dengan rasa gatal, terutama saat berkeringat. 

Apa penyebab munculnya panu dikulit?

Panu muncul bisa jadi disebabkan kebiasaan kurang menjaga kesehatan tubuh, misalnya jarang mandi. Atau bisa juga muncul karena produksi keringat berlebih di tubuh yang kemudian memicu munculnya jamur yang secara leluasa bisa berkembang biak dengan baik dipermukaan kulit yang lembab.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan panu yang sudah terlanjur muncul? Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan panu yang bisa dilakukan, baik secara alami/ tradisional maupun cara modern dengan menggunakan obat-obatan, namun kali ini akan dibahas beberapa cara menghilangkan panu secara alami/tradisional. Berikut penjelasannya :

Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Belerang
Ambil belerang secukupnya dan tumbuk halus. Campur dengan minyak kelapa dan keruk nipis secukupnya. Oleskan pada bagian kulit yang berpanu dan lakukan secara rutin hingga panu benar-benar hilang.
Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Lengkuas
Lengkuas diparut dan dicampur dengan minyak tanah, gosokkan pada bagian yang berpanu.

Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Kunyit
Sama seperti ramuan lengkuas, kunyit diparut dan dicampur dengan garam kasar atau garam kristal lalu oles dan gosokkan pada bagian kulit yang berpanu.

Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Daun Leunca
Pucuk daun leunca dicampur dengan garam kristal. Setellah tercampur bungkus dengan daun pisang, lalu kukus. Setelah matang, gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu.

Cara Menghilangkan Panu menggunakan Daun Pare
Pucuk daun pare dicampur dengan kapur sirih, kemudian tumbuk halus. Setelah halus, oles dan gosokkan pada bagian kulit tubuh yang terkena panu.

Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Kulit Pohon Pinang
Bagian kulit pohon pinang yang masih berwarna hijau diserut menggunakan pisau, kemudian hasil serutan tersebut digosokkan pada bagian kulit yang berpanu.

Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Daun Kemangi
Daun Kemangi ditumbuk, campur dengan kapur sirih, mentimun dan belerang secukupnya. Ramuan kemudian dioleskan dibagian kulit yang berpanu.

Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Bunga Kenanga
Beberapa tangkai bunga kenanga ditumbuk sampai halus, campur dengan minyak kelapa dan sedikit belerang. Oleskan pada kulit yang berpanu.
Cara Menghilangkan Panu Menggunakan Sereh
Batang sereh dimemarkan (bagian bawah) sampai mengeluarkan air, oleskan batang sereh tersebut pada bagian kulit tubuh yang berpanu. Oleskan 2-3 kali seminggu setelah mandi sore.

Cara Menghilangkan Panu menggunakan bawang putih
1 siung bawang putting diiris menjadi beberapa bagian, kemudian oleskan irisan bawang putih tersebut pada bagian kulit tubuh yang berpanu. Lakukan pada pagi dan malam hari secara teratur sampai panu mengering dan hilang.
Panu memang bukan penyakit yang mematikan, namun dapat mengurangi kecantikan dan rasa percaya diri, untuk itu ada baiknya pencegahan dilakukan sebelum panu tersebut muncul. Berikut beberapa tips untuk mencegah datangnya panu :

1. Jaga kebersihan tubuh dengan mandi minimal 2 kali dalam sehari.
2. Gunakan handuk pribadi, bukan berbagi dengan orang lain terutama yang menderita panu.
3. Jemur handuk setelah dipakai.
4. Ganti handuk minimal dua minggu sampai satu minggu sekali.
5. Jangan memakai pakaian secara bergantian dengan orang lain.
6. Gantung atau simpan pakaian atau baju ditempat yang kering. Jangan menggantung baju terlalu lama pula, karena dapat memicu munculnya jamur pada pakaian.

Demikian penjelasan mengenai penyakit panu, cara menghilangkan panu, serta beberapa tips pencegahannya. Semoga tips dan penjelasan diatas dapat bermaanfaat. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment